Mengobati Ejakulasi Dini ke Dokter Apa ya, yang Paling Tokcer ?

Mengobati Ejakulasi Dini ke Dokter Apa ya, yang Paling Tokcer ? –¬†Sebelum menjawab secara langsung, mari kita simak dahulu sedikit ulasan terkait ejakulasi dini. Terjadinya ejakulasi dalam waktu yang relatif singkat saat bersetubuh disebut ejakulasi dini. Sedangkan tidak adanya kemampuan ereksi disebut impotensi.

Menurut suatu penelitian, satu dari tiga pria mengalami ejakulasi dini. Pria yang lebih banyak mengalami ejakulasi dini 60% adalah pria yang baru menikah. Sebagaimana yang dipaparkan oleh dr. Heru. H. Oentoeng, M.repro, Sp.And, FIAS “Pria yang baru melangsungkan pernikahan sangat wajar jika mengalami ejakulasi dini, prosentasenya hingga 60%. Hal ini karena mereka belum punya punya pengalaman seksual tetapi gairah nafsunya meledak-ledak. Mereka belum sepenuhnya mengerti mengenai seks dan cara mengontrol ejakulasi saat berhubungan badan agar tahan lama. Euforia saat bercinta pertama kali, menyebabkan sedikit saja stimulasi gesekan dengan Miss V bisa membuat mereka tidak tahan dan akhirnya mengalami ejakulasi dalam waktu yang singkat”.

Penyebab Keluhan Ejakulasi Dini

Secara umum penyebab ejakulasi dini ada dua, yaitu karena faktor psikologis dan faktor patologis (adanya penyakit lain yang diderita sehingga menyebabkan ejakulasi dini). Secara detail, berikut daftar kemungkinan penyebab ketidak mampuan seorang pria untuk bertahan lama saat berhubungan intim di ranjang :

  1. Pengalaman seksual yang baru. Ini terjadi pada pria yang baru menikah, yang masih nervous sehingga belum bisa mengontrol psikis dan staminanya saat pertama kali melakukan ibadah ranjang.
  2. Faktor psikologis. Kecemasan yang berlebih, stress akibat pekerjaan, masalah keluarga ataupun karena ketidak harmonisan hubungan dengan pasangan.
  3. Pengalaman atau kebiasaan buruk di masa lampau. Seperti masturbasi, meskipun masih menjadi perdebatan apakah hal ini salah satu penyebab ejakulasi dini. Tapi sebagian dokter meyakini kebiasaan ini memang menyebabkan ejakulasi dini. Alasannya karena biasanya saat masturbasi, kecenderungannya dilakukan dengan sesegera mungkin agar cepat keluar (ejakulasi) supaya segera tercapai kepuasan seksual. Jika dilakukan dalam jangka waktu lama, maka hal ini menjadi kebiasaan yang terbawa ketika berhubungan intim yang sesungguhnya dengan pasangan.
  4. Adanya masalah dengan saraf di daerah genital. Misalnya rusaknya saraf akibat operasi prostat.
  5. Efek konsumsi obat-obatan penenang atau antidepresan dalam jangka yang lama. Selain ED, konsumsi obat-obat ini juga bisa mengakibatkan disfungsi ereksi atau impotensi.
  6. Sedang mengalami penyakit lain seperti tekanan darah tinggi, stroke, kencing manis dsb. Jika sedang mengalami penyakit lain, maka Anda harus menyembuhkan terlebih dahulu penyakit tersebut sebelum Anda mencoba mengatasi ejakulasi dini.

Melihat faktor penyebab ejakulasi dini yang kompleks, saran kami adalah konsultasilah ke dokter agar dokter tahu penyebab utama ejakulasi dini Anda. Dengan mengetahui penyebab ketidak mampuan bertahan lama saat ereksi, maka langkah pengobatan yang diambil akan lebih tepat dan efektif.

Penyembuhan Ejakulasi Dini

Untuk melakukan proses penyembuhan ejakulasi dini, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat badan Anda benar-benar dalam kondisi sehat/fit terlebih dahulu. Biasakan pola gaya hidup sehat agar fisik tubuh Anda benar-benar prima. Tubuh dan stamina yang prima sangat membantu memudahkan penyembuhan ejakulasi dini.

Mengatasi ejakulasi dini bisa dilakukan dengan cara alami seperti terapi kegel, teknik squeez, minum jamu-jamuan dan secara modern seperti minum obat-obatan kimia dan operasi penis. Obat-obatan kimia yang sering digunakan biasanya golongan selective serotonin reuptake inhibitor (SSRI). Dimana sebenarnya obat ini adalah obat anti depresan, tetapi oleh dokter biasa digunakan juga untuk penderita ejakulasi dini. Untuk operasi penis, biasanya yang dilakukan adalah pemblokan syaraf dorsal penis.

Saran terbaik adalah agar mendahulukan terapi berupa konseling dengan psikolog maupun terapi fisik seperti kegel untuk membuat kemampuan ereksi bertahan lama sebelum minum obat-obatan. Jika terpaksa minum obat-obatan kimia, pastikan di bawah pemeriksaan dan pengawasan seorang dokter.

Mengobati Ejakulasi Dini Ke Dokter Apa Ya ?

Pertanyaan berikutnya, jika kita memeriksakan atau konsultasi masalah ejakulasi dini ke dokter, maka ke dokter mana yang harus kita datangi ?

Kalau Anda mengalami ejakulasi dini dan ingin berkonsultasi dengan dokter, langkah awal adalah datangi saja terlebih dahulu dokter umum. Jika dokter umum merasa Anda perlu dirujuk, biasanya kemudian akan dirujuk ke dokter spesialis Andrologi (Sp.And) atau seksologi. Kalau Anda ingin masalah ejakulasi dini selesai tanpa berlama-lama, bisa saja Anda langsung ke dokter spesialis Andrologi atau seksologi tanpa harus ke dokter umum terlebih dahulu.

Demikian artikel mengenai dokter apa yang bisa membuat pria tahan lama terbebas dari ejakulasi dini saat berhubungan badan di ranjang dengan pasangan tercinta. Semoga artikel ini membantu, terimakasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *